Pentingnya Air yang Berkualitas

      Comments Off on Pentingnya Air yang Berkualitas

air berkualitasAir merupakan unsur yang penting bagi semua makhluk hidup yang ada di Bumi, terutama manusia. Namun, tidak sembarang air dapat dimanfaatkan. Hanya air yang mempunyai kualitas baik yang dapat dimanfaatkan. Kualitas air seringkali menjadi ukuran standar terhadap kondisi kesehatan manusia.

Kondisi air bervariasi tergantung pada kondisi lingkungan sekitar. Lingkungan yang masih asri lebih cenderung memiliki kualitas air yang baik daripada lingkungan sekitar pabrik-pabrik dimana telah terjadi pencemaran. Tentu dengan adanya air yang berkualitas kita dapat merasakan manfaatnya terutama pada kesehatan tubuh.

Banyak sumber air yang dapat dimanfaat oleh manusia. Tentu saja sumber air yang satu dengan yang lain memiliki manfaat yang tidak sama. Tergantung jenis sumber airnya. Berikut ada beberapa sumber air berkualitas yang dapat dimanfaatkan.

1. Air Salju

Air salju atau air es memiliki karateristik uap yang tajam. Kualitas dari air salju tergantung pada kualitas lokasinya.

2. Air Embun

Air dengan sifat halus dan lezat daripada air es. Tidak semua tempat kita dapat menemukan air embun. Hanya pada daerah pada ketinggian tertentu atau pada area hutan yang banyak tumbuhan dan pohon, disitulah kita dapar menemukan air embun.

3. Air Sungai

Sesuai catatan sejarah, sungai-sungai yang mengalir di dunia menyediakan lebih dari 40.000 kilometer kubik air. Ketersediaan air tersebut lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan air manusia. Namun sayang, sungai sekarang sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan air berkualitas. Air sudah tercemar oleh limbah. Tetapi tidak semua sungai tercemar. Masih banyak sungai yang memiliki kualitas air baik, meskipun untuk mendapatkannya agak susah.

4. Air Laut

Meskipun air laut bersifat asin, ternyata air laut secara alami berfungsi untuk mentralisir kotoran dan bangkai yang ada dilaut sehingga tidak berbau busuk. Selain dapat menetralisir bau, air laut juga bermanfaat untuk kesehatan seperti penyakit kulit.

5. Air Hujan

Air dengan sifat lembut dengan tingkat kelembapan yang tinggi dibandingkan air yang lain. Air hujan sangat mudah dijumpai pada wilayah tropis yang memiliki curah hujan tinggi.  Air hujan merupakan air yang sangat bersih tanpa terkontaminasi apa pun.

6. Air Tanah

Tidak semua air tanah dapat digunakan. Semua tergantung pada kondisi lingkungan. Air tanah sebaiknya langsung  digunakan karena air tanah tidaklah bagus jika terlalu lama terkena udara luar.